Tuesday, November 18, 2008

BATIK INDONESIA



Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".

BATIK INDONESIA

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

MEMBATIK

Pada zaman sekarang batik mulai menjadi trend kembali pada remaja-remaja masa kini. Batik yang kini digemari semua kalangan, sama saja dengan kita melestarikan batik di Indonesia. Batik kini tidak hanya di pakai di acara resmi, bahkan batik modern masa kini dapat di pakai untuk pergi ke mall atau ke acara ulang tahun bahkan kemana saja. Batik kini semakin luas dan semakin di gemari orang Indonesia karena dengan model-modelnya yang tidak kuno lagi.

BATIK MODERN

Cara pembuatan

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.



5 comments:

SAVIRA ANISYA said...

gue akan beli dan pakai batik asli indonesia!

finesa said...

hooo..batik...bagus bgt foto foto batiknya

haryoko said...

emak gw bisa buat batik..

(meskipun gak ada yang nanyain)

Aan said...

gw sekeluarga bisa ngebatik....

k'lo bangun tidur pasti di bantal langsung ada batik

Trixie Fadriane Eitheim said...

batik itu baguss!! makanya jgn mau disalip mulu ama malaysia!!! hidup batik indonesiaa!!!!