Wednesday, November 26, 2008






Wednesday, November 19, 2008

MUSIK MODERN


Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

  • Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Wilayah nusantara terdiri dari berbagai daerah/suku budaya, sehingga kaya akan keragaman seni musik. Musik nusantara sering diidentikkan dengan musik tradisional, sedangkan musik modern berasal dari Barat. Apakah nusantara tidak memiliki musik modern? Seiring dengan perkembangan jaman yang telah mengglobal, seni musik nusantara pun berinteraksi dan dapat pengaruh dari unsur-unsur musik Barat dan lahirlah musik-musik modern nusantara.

Pada umumnya, kaum muda saat ini lebih mengenal musik modern daripada musik tradisional/daerah. Hal ini dapat kita lihat pada setiap konser musik modern selalu dipadati oleh kaum muda dan juga kalau kita perhatikan media musik di HP/komputer kaum muda maka hampir 99,99% adalah album musik modern.
Musik modern nusantara dapat dekelompokkan ke dalam beberapa jenis, antara lain:
1. Dangdut, ciri-cirinya: melodi dan harmoni sederhana, tangga nada cendrung minor, ekspresi berdasarkan keserasian lirik, beat konstan, lebih menekankan keindahan gerak.



2. Pop, ciri-cirinya: melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni tidak rumit, tempo bervariasi.



3. Balada, ciri-cirinya: mirip dengan pop, tempo lambat dan sedang, pola melodi bervariasi, lirik ekspresif, mengisahkan suka duka kehidupan.



4. Rock, ciri-cirinya: area nada luas, kekuatan terletak pada dinamika aransemen, lagu sulit disenandungkan, lirik lagu ekspresif, beat cendrung keras, tempo lambat/cepat, harmoni sangat rumit.



Berikut ini beberapa contoh musik modern:
1. Merindukanmu-d'Masiv
2. Hitamku-Andra TB
3. Kau Curi-J Rocks


MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN

Jahe merah

Jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var Rubra.) atau Zingiberaceae Officinale Roscoe atau Zingiberaceae Officinale Rose adalah tanaman herba semusim, tegak, tinggi 40-50 cm. Batang semu, beralur, membentuk rimpang, warna hijau. Daun tunggal, bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, warna hijau tua. Bunga majemuk, bentuk bulir, sempit, ujung runcing, panjang 3,5-5 cm, lebar 1,5-2 cm, mahkota bunga bentuk corong, panjang 2-2,5 cm, warna ungu. Buah kotak, bulat panjang, warna cokelat.

Kebanyakan literatur yang ditulis tentang jahe merah tercampur dengan jahe putih (jahe gajah) dan jahe kuning (jahe yang biasa dipakai untuk masakan)
Hal tersebut tidak terlalu mengherankan mengingat ketiga macam jenis jahe tersebut mempunyai nama latin yang hampir sama yaitu sama-sama diawali dengan Zingiberaceae Officinale. Selain itu, ketiga jenis jahe tersebut memiliki kandungan yang hampir sama tapi dengan konsentrasi yang berbeda.



Jahe gajah
Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih.



Jahe kuning
Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning.



Digunakan berdasarkan tradisi atau teori

Pengobatan mabuk alkohol, menetralisir asam lambung, anti jamur, antioksidan, antiseptik, anti kejang, anti virus, obat perangsang, bengkak arthritis, asma, penyumbatan pembuluh darah, kutu air (jamur kaki), disentri bakteri, kebotakan, masalah produksi air empedu, pengencer darah, penghangat tubuh, bronchitis, pendarahan, luka bakar (diaplikasikan ke kulit), kanker, kolera, selesma, sakit perut, pereda batuk, depresi, diare, bantuan pencernaan, kehilangan selera makan, pengurangan atau pemberhentian dosis SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor: Antara lain digunakan untuk obat anti depresi), sakit mens, masalah pencernaan, kolesterol naik, infeksi jamur, perut kembung, flu, sakit kepala, infeksi Helicobacter pylori, tekanan darah tinggi, stimulan sistem kekebalan tubuh, impotensi, peningkatan penyerapan obat, peningkatan metabolisme, parasit usus, Kawasaki’s disease, masalah ginjal, pencahar, masalah hati, tekanan darah rendah, migren, malaria, penahan sakit, pernapasan, gigitan ular beracun, memperlancar mens, psoriasis (dipakai di kulit), turunnya suhu tubuh akibat serotonin, mempercepat kelahiran, obat penguat, sakit perut, luka lambung, bengkak pada zakar, sakit gigi, infeksi pada sistem pernapasan bagian atas.

Dalam pengobatan tradisional China
Jahe merah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional China. Dikatakan bahwa ia adalah pengobatan Yang dan sangat mendukung limpa kecil, perut/lambung dan ginjal (terutama untuk pria dan juga diklasifikasikan sebagai aphrodisiac/zat perangsang dan pengobatan yang baik untuk impotensi)


MESIN PENGOLAH JAHE

Tuesday, November 18, 2008

BATIK INDONESIA



Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".

BATIK INDONESIA

Teknik membatik telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.

MEMBATIK

Pada zaman sekarang batik mulai menjadi trend kembali pada remaja-remaja masa kini. Batik yang kini digemari semua kalangan, sama saja dengan kita melestarikan batik di Indonesia. Batik kini tidak hanya di pakai di acara resmi, bahkan batik modern masa kini dapat di pakai untuk pergi ke mall atau ke acara ulang tahun bahkan kemana saja. Batik kini semakin luas dan semakin di gemari orang Indonesia karena dengan model-modelnya yang tidak kuno lagi.

BATIK MODERN

Cara pembuatan

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.



Tuesday, October 21, 2008

bandung trip

hhahahhahha... asiiik bgt pas liburan puasa uda mau abis,, gw sama sahabat-sahabat gw nekat ke bandung.. ahahahhaah.. sebenernya udah di rencanain sih,, tapi tetep aja berangkatnya NGARET! saking excited nya,, gw sama sahabat-sahabat gw yang ini nih..

foto-foto ga jelas,, nyanyi tapi fals.. capeeek juga siih , akhirnya kita semua tidur.. (sebenernya karena BORING di tol!) ahahahhahhaaa...

sesampainyaa gw di tempat istirahat pinggir tol, iseng deh foto-foto.hhhahhaa (freak ya gw nya!)


nih pas lg makan di depan gedung sate..


abis dari gedung sate,, jalan-jalan deh tuh ke PVJ (Paris Van Java) hhe.. trus abis dari situ gw ke DAGO ATAS.. sumpah yaaaaaaa,, buat lo yang suka tempat romantis,, sebaiknya lo ke cafe CONGO di dago atas, HARUS! tempatnya romantic bangeeeeeeeeeeet!!!!

abis dari cafe yang super romantis ini,, kita semua balik deh ke Jakarta.. Lumayanlah, ada kenangan liburan puasa..hahahhahaha..

Tuesday, October 7, 2008

MEWABAHNYA TEKNOLOGI CANGGIH


Seperti yang sekarang ini kita tahu, teknologi yang beredar sudah sangat canggih.
Dari mulai telepon genggam,internet,3G,GPS (peta elektronik),sampai mainan canggih seperti NITENDO DS,PSP,dan lain-lain.
Semua itu ada karena perubahan zaman dan ilmu yang semakin berkembang. Dengan teknologi, hidup menjadi lebih praktis. Misalnya dengan adanya fasilitas SMS atau 3G, saat hari Raya Idul Fitri seperti kemarin sebagian besar orang saling meminta maaf melalui SMS atau 3G. Sudah jarang sekali ada orang yang menggunakan surat. Mungkin karena merasa lebih praktis dengan SMS, selain itu dengan SMS pun kita lebih menghemat tenaga, tidak perlu jauh-jauh ke kantor pos untuk mengirim surat. Selain itu, dengan SMS menghemat biaya.
Banyak sekali hal-hal positif yang membuat para penggunanya menjadi lebih memilih mengirim SMS saat hari raya.
Contoh lain, misalnya seperti internet. Teknologi ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, wisata dan lain-lain.
Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan saling berkirim E-mail ataupun chatting. Dengan internet, kita bisa menjelajahi seluruh isi dunia dan bisa mengetahui segala hal yang kita inginkan. Dalam dunia pendidikan, internet sangat membantu siswa untuk mengetahui lebih banyak dan lebih luas lagi tentang segala ilmu pengetahuan yang dapat diberikan dari internet.
Cukup menakjubkan bukan teknologi yang ada sampai saat ini.
Tetapi, banyak juga hal-hal negatif yang dapat ditimbulkan dari internet.
Seperti banyak virus-virus, gambar porno, dan lain-lain.
Maka, perlu diperhatikan saat anak-anak menggunakan internet agar ia tahu batasan-batasannya.