Wednesday, November 19, 2008

MUSIK MODERN


Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

  • Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Wilayah nusantara terdiri dari berbagai daerah/suku budaya, sehingga kaya akan keragaman seni musik. Musik nusantara sering diidentikkan dengan musik tradisional, sedangkan musik modern berasal dari Barat. Apakah nusantara tidak memiliki musik modern? Seiring dengan perkembangan jaman yang telah mengglobal, seni musik nusantara pun berinteraksi dan dapat pengaruh dari unsur-unsur musik Barat dan lahirlah musik-musik modern nusantara.

Pada umumnya, kaum muda saat ini lebih mengenal musik modern daripada musik tradisional/daerah. Hal ini dapat kita lihat pada setiap konser musik modern selalu dipadati oleh kaum muda dan juga kalau kita perhatikan media musik di HP/komputer kaum muda maka hampir 99,99% adalah album musik modern.
Musik modern nusantara dapat dekelompokkan ke dalam beberapa jenis, antara lain:
1. Dangdut, ciri-cirinya: melodi dan harmoni sederhana, tangga nada cendrung minor, ekspresi berdasarkan keserasian lirik, beat konstan, lebih menekankan keindahan gerak.



2. Pop, ciri-cirinya: melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni tidak rumit, tempo bervariasi.



3. Balada, ciri-cirinya: mirip dengan pop, tempo lambat dan sedang, pola melodi bervariasi, lirik ekspresif, mengisahkan suka duka kehidupan.



4. Rock, ciri-cirinya: area nada luas, kekuatan terletak pada dinamika aransemen, lagu sulit disenandungkan, lirik lagu ekspresif, beat cendrung keras, tempo lambat/cepat, harmoni sangat rumit.



Berikut ini beberapa contoh musik modern:
1. Merindukanmu-d'Masiv
2. Hitamku-Andra TB
3. Kau Curi-J Rocks


12 comments:

SAVIRA ANISYA said...

asik! gue suka peterpan! menghapus jejakmu. cieeeeeeee

finesa said...

keren..ada rhoma irama yaa ??

Baskoro Information said...

aduh panjang bener ni halaman gak sempet baca ping tapi bagus kok.

Fifi :) said...

yaa bagus kok ping , balik komen gw yaa

Sista said...

cooooooool

haryoko said...

judii........!

Maha said...

wih, pingping suka peterpan yaaa? hihi :D. Comment balik dong, ping :D

Aan said...

begadang jangan begadang~

Trixie Fadriane Eitheim said...

mampuss rhoma irama... haha... bisep-trisepnya.. beuuhh.. gak nahaaaaaaannnnnnnnnn.... :P

Savira Zulsyika said...

hahahahahahaha kalo kangen band apaan ping?? hahahaha

Ramlan lintang said...

kren tapi kayaknya jenis musik modernnya masih kurang

kerabat ilmu said...

waaah, mantep gaaan
ane lagi ngerjain tugas ni,
thx bgt ya dah share